Aug 24, 2011

Gombal

Pertanyaan pertama tahukah anda apa itu Gombal?

Menurut, salah satu website paling terkenal di dunia bernama GOOGLE,

1. Gombal adalah kata dari Bahasa Indonesia yang mengekspresikan sesuatu yang tidak berguna atau tidak berarti, dalam Bahasa Inggris, artinya hampir sama dengan kata shit atau bullshit.

2. Gombal adalah rayuan sesorang kepada orang yang dijadikan target tertentu. Bisa dijadikan pacar, istri, pembantu, dan sekutunya.

3. Gombal adalah bohong, omong kosong, rayuan.

4. Gombal adalah kain yang sudah tua (sobek-sobek).

5. Gombal adalah ucapan yang tidak benar, tidak sesuai dengan kenyataan, omongan bohong.



Saya tahu apa yang ada dipikiran anda, anda pasti berpikir bahwa Gombal berarti rayuan sebuah kain tua yang disobek-sobek untuk ditujukan kepada target tertentu, misalnya pacar, istri atau pembantu (?), untuk mengekpresikan sesuatu yang tidak berguna atau tidak berarti dan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi itu adalah salah, pertama karena kain tua tidak bisa merayu. Bayangkan kalau kain tua bisa merayu dan, ehm, pacar anda (perempuan) jatuh cinta padanya dan, ough, anda seorang laki-laki yang punya harga diri kalah oleh sebuah kain tua. Kemana harga diri anda?! Kedua, karena kain tua tidak bisa berekspresi, bukankah dia hanya sebuah kain? Lusuh dan tidak berdaya itu satu-satunya ekspresi yang dapat dia tampilkan dan itu sangat sesuai dengan kenyataan. Terakhir, kain tua merayu seorang pembantu? Apa gunanya? Semua orang tahu kain tua itu akan ditolak mentah-mentah. Bagaimana mungkin seorang pembantu mau menikahi seorang kain tua yang derajatnya sangat amat jauh di bawahnya?

Mungkin ada sebagian dari kalian yang berpikir, Gombal adalah rayuan bertema kain tua yang tidak berguna atau tidak berarti dan tidak sesuai dengan kenyataan untuk menjadikan lawan bicaranya menjadi pacar, istri atau pembantunya. Tapi, ini masih tetap salah karena siapa yang mau menjadi pacar atau istri anda kalau anda mengombal dengan kain tua? Pembantu mungkin tapi kurasa jarang, bayangkan apa yang dipikirkan oleh seorang calon pembantu kalau ada seseorang yang datang padanya dan bilang "maukah anda menjadi pembantu saya?" sambil membawa-bawa sebuah kain tua? Jawaban paling pasti yang keluar selain "Tidak" adalah "Bagaimana kalau anda saja yang jadi pembantu saya".

Jadi, apa itu Gombal? Untuk menjelaskannya silahkan simak percakapan berikut ini.
Percakapan ini dilakukan oleh dua orang, yang pertama adalah Pria dan yang kedua adalah Adam. Pria adalah istri dari Adam dan seperti tebakan anda, Adam adalah selingkuhannya.

Pria : "
Adam Pria
Pria A

Ok, saya menyerah, intinya, jika Adam mengatakan "artis korea lebih cantik dari kamu" kepada Pria, itu adalah Gombal karena pada kenyataannya Pria lebih cantik dari artis Korea. Kenapa demikian? Karena Adam sedang merayu Pria dengan berbohong kepadanya bahwa artis korea lebih cantik dari dia, bagaimana saya bisa tahu? Karena Adam sedang jatuh cinta kepada Pria, cinta itu buta, jadi yang paling cantik di mata Adam saat itu adalah Pria dan merayu adalah hal wajar saat jatuh cinta. Berdasarkan 5 pengertian di atas Gombal secara umum berarti rayuan penuh kebohongan, sehingga kalimat itu adalah Gombal. Jadi, penjelasan panjang lebar diatas adalah untuk mengatakan kepada anda bahwa Gombal berarti rayuan penuh kebohongan yang ditujukan kepada seseorang untuk anda jadikan pacar atau istri, lupakan soal pembantu dan kain tua. Bayangkan kalau untuk merekrut seorang pembantu saja anda harus bergombal-gombal ria. Kemungkinan besar dia akan menjadi pembantu anda, namun keesokan harinya suami/istri anda yang keluar dari rumah. Ngomong-ngomong soal suami, kurasa anda merasa ada yang aneh dengan pengertian no.2, jangan salahkan saya, saya hanya ctrl+c dan ctrl+v dari GOOGLE. Sebagai seorang pemikir, yang terpikirkan oleh saya adalah siapapun boleh gombal kecuali seorang istri. Jangan tanya alasannya, saat ini saya belum memikirkannya, mungkin karena calon istri tidak pernah melamar calon suami, jadi calon istri tidak perlu mengombal.

Sekarang setelah mudah-mudahan anda tahu apa itu Gombal, maka berakhirlah tugas saya kali ini. Ah, dan satu hal lagi, Adam dan Pria mereka normal, karena Adam adalah pria, ehm, maksud saya laki-laki dan Pria adalah wanita. Ok, sampai jumpa lagi di post berikutnya yang mungkin agak lama karena saya merasa akhir-akhir ini post saya tidak memiliki peningkatan, semua hanya soal pertanyaan-pertanyaan bodoh jenius saya, jadi saya ingin mencoba bertapa dulu untuk menemukan tulisan lainnya. Semoga tidak butuh waktu yang lama.

No comments:

Post a Comment